TEZ dan EagleTree Adakan Literasi Keuangan

Business | Posted by Innes N on November 1, 2019

Pagi itu tampak cerah. Bertempat di Routine Coffee and Eatry, Jl KH Wahid Hasyim FG14 No.42 Bintaro, TEZ Capital and Finance bekerja sama dengan EagleTree Property--sebuah agen properti terkemuka di daerah Bintaro, mengadakan acara Literasi Keuangan bertema: “Industri Multifinance dalam Kegiatan Usaha Properti.”

Suasana cozy dan santai menambah keseruan acara. Hadir dalam acara tersebut para member agen properti yang punya jaringan dan akses ke konsumen dan developer properti di daerah Bintaro. Telah hadir peluang baru di industri keuangan dimana perusahaan pembiayaan (multifinance) kini dapat melakukan aktivitas pembiayaan untuk kegiatan usaha  properti.

Jika sebelumnya, layanan perusahaan multifinance hanya terbatas pada kredit kepemilikan motor atau mobil (KPM) atau barang-barang konsumsi lainnya, kini dengan aturan baru dari OJK, perusahaan multifinance juga diijinkan untuk menggarap bisnis pembiayaan properti. Istilah yang populer di perbankan disebut: bisnis mortgage.

Acara yang diselenggarakan 30 Oktober 2019 itu disambut penuh antusias. Terlebih setelah menghadirkan pakar hukum sekaligus notaris dari Aloysius Law Office, sekaligus sebagai pemateri yang menjelaskan aspek-aspek legal dalam proses jual beli properti melalui skema pembiayaan dari perusahaan multifinance.

“Dari segi perjanjian kredit atau pembiayaan, sebetulnya hampir sama dengan bank. Hanya saja, karena perusahaan multifinance umumnya dimiliki oleh pemegang saham, maka proses perjanjian kontrak bisa dilakukan relatif lebih cepat,” ujar Pak Aloysius sebagai pembicara.

“TEZ hadir sebagai perusahaan pembiayaan yang didirikan pertamanya justru dalam rangka menangkap peluang dari adanya perubahan regulasi terkait pembiayaan, dimana TEZ memberikan fasilitas pembiayaan untuk investasi dan modal kerja bagi debiturnya dengan jaminan properti,” demikian kata Dody Hasril--Dirut TEZ Capital and Finance yang juga menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Acara pun ditutup dengan tanya-jawab dan ramah-tamah. Para peserta mendapat wawasan dan informasi baru sekaligus peluang bisnis baru tentang pembiayaan properti. Jika selama ini mereka hanya memiliki satu model pembiayaan yakni dari perbankan, kini ada satu alternatif pembiayaan lagi yakni dari perusahaan multifinance.

“Kini semakin banyak  peluang bisnis bagi agen properti, saya baru tahu ternyata perusahaan multifinance seperti TEZ Capital and Finance dapat memberikan peluang kerja sama dengan agen properti baik dalam penjualan properti untuk penyelesaian pembiayaan dan menjadi referensi properti bagi perusahaan pembiayaan itu sendiri, selama ini kan kami hanya mengenal bank saja yang meluncurkan produk KPR dan KPA,” ujar salah seorang peserta dengan wajah sumringah. (IK/IN)  ***

Close
Loading